Senin, 08 April 2013

Thanks To My Teacher

Hari ini badan terasa lemas, lagi kerja tiba- tiba buka fb dan ada gambar sekolah sma ku. Kok tiba-tiba kangen keadaan dan suasana disna ya..:'(

Gak perlu mikir panjang lebar, aku langsung search di google tentang sekolah SMAN 4 Pandeglang dan ketemulah dengan situs resminya, entah kenapa tiba- tiba tergerak untuk  menjadi member disana. Melihat foto guru-guru yang terpampang jelas disana membuat ku semakin merindukan mereka. Ini sekilas kehidupanku di sma 4 yang sudah memberika harapan sehinga aku bisa sekolah. Thanks…

Seorang gadis bernama nasphie, berjala lunglai ketika dinyatakan lulus dari SMP. Walau  nilai bagus dan prestasi bagus, fikirannya tidak lepas dari masa depannya melanjutkan sekolah. Bisakah dia melanjutkan ke sekolah SMA yang notabenenya membutuhkan biaya yang besar dan SPP tiap bulannya?

Disaat lamunannya terjaga, salah satu guru matematka di SMP nya mendekati . 
“ Kamu kenapa?” tanyanya ramah. Gadis itu tersenyum sambil mendekap amplop berisi formulir pendaftaran ke SMA.
“ Sini bapak lihat,,” sahutnya lagi. Gadis itu tetap tersenyum walau guratan di wajahnya terlihat sedih. Pak anton, guru matematika di smp nya itu tersenyum.
“Kamu mau melanjutkan ke SMA 4 Pandeglang?” tanyanya. Gadis itu menggagguk semangat.
“ Tapi saya ngga punya biaya nya pak,,masuknya aja sampe berjuta-juta,,,saya dapat dari mana..?” keluh gadis itu pelan. Pak anton terdiam sejenak, seolah berfikir keras.
  Sekarang pendaftaran terakhir?” tanyanya ramah. Gadis itu mengagguk tanda mengiyakan.
“ Yaudah, besok kamu bawa sertifikat penghargaan atas prestasi kamu di sekolah ini,, nanti bapak yang usahakan…kamu berdoa ya semoga bapak berhasil…” sahutnya sambil tersenyum, Spontan gadis itu tersenyum gembra, gurat kesedihannya seolah hilang tergantikan dengan binar kebahagiaan.
“ Pasti pak…makasih ya pak..” seru gadis itu sambil pergi dengan bahagia.

Singkat cerita gadis itu dinyatakan masuk ke SMA 4pandeglang, namun ia masih kebingungan untuk menemui pak Anton yang mengusahakan biayanya, karena walaupun diterima di sekolah SMA, jika belum membyar tetap saja belum terdaftar resmi.
“ Pak,,,gimana ?” tanya gadis itu berharap harap cemas setelah bertemu dengan pak anton. Guru itu membalasnya dengan senyuman. Gadis itu mengerti, dia tak perlu bertanya lagi, dia bahagia tersenyum dan mencium tangan gurunya.
“ Terima kasih pak….” Seru gadis itu sambl terisak.
“ Ya,,pihak sekolah mau meringankan beban pendaftaran kamu,,kamu hanya tinggal bayar setengahnya saja…dan untuk SPP selama 6 bulan kamu gratis,,,” sahut pak anton ramah sambil mengusap kerudungku.
 “Alhamdulillah,,makasih pak..” jawab gadis itu menahan tangis namun tersenyum bahagia.
“ Tapi,,,kalau kamu mau dapat gratis SPP lagi,,kamu harus pertahankan prestasi kamu dengan minimal masuk dalam tiga juara besar di sekolah….” Sahut pak anton lagi. Gadis itu tidak dapat berkata lagi, masa depannya, mimpinya untuk sekolah semakin jelas di hadapannya.
“ Saya mengerti pak,,,terima kasih….”

Waktu berjalan, gadis itu kini sekolah di SMAN 4 Pandeglang, sekolah dengan tingkat kebersihan nomor satu se provinsi, kedisiplinan dan kerja sama antar semua elemen dalam sekolah menjadikan SMA 4 adalah sekolah terpandang.
Gadis itu terus berusah belajar dan menonjolkan dirinya di sekolah, selalu berusha dekat dengan gurunya, menjadikan sekolah adlah rumah. Setiap semester gadis itu selalu berharap cemas akankah prestasinya menurun sehingga ia akan dibebankan dengan setumpuk bayaran.

Pada akhirnya, saat kelas XI semester satu, munculah siswa pindahan dari sekolah di kota dan brhasil menggeser peringkat satu si gadis. Walaupun hanya beda satu angka tetap saja ini menjadi pukulan besar buat si gadis. Fikirannya tentang bayaran sekolahlangsung menumpuk di kepalanya.

Siang itu dia dipanggil guru kesiswaan, dan ditanya tentang hal itu. Gadis itu hanya terdiam, dia sadar kelalaiannya sampai prestasinya turun satu angka. Tapi guru itu tersenyum, dia mengelaus tangan gadis itu yang berkeringat.
“ Tidak apa-apa…kamu hanya turun satu peringkat saja…semeseter depan harus peringkat satu lagi ya…” sahutnya pelan dan ramah. Gadis itu mengangkat kepalanya, matanya berkaca-kaca tidak percaya begitu baiknya sekolah ini.
“ Tapi bu,,apa tidak –apa-apa?” tanya gadis itu memastikan. Guru itu menggelengkan kepalanya.
“ Tidak nas….kamu sudah memberi banyak prestasi pada sekolah ini, perlombaan dan piagam-piagam di sekolah ini juga ada hasil dari kamu….kamu harus tetap semangat ya..” sahutnya. Gadis ini tidak dapat berkata-kata lagi, dia hanya menganggukan kepalanya.

Semester berikutnya, gadis ini dapat kembali seperti semula. Meraih peringkat yang telah diambil oleh siswi pindahan.  Yah, dia berhasil dan mampu lulus dari SMA 4 Pandeglang dengan prestasi yang baik.

Gadis ini adalah aku, yah aku sendiri yang begitu bodoh untuk menyadari betapa besar pemberian mereka kepadaku. Guru- guru di sekolah yang begitu baiknya memberikan ilmu mereka, bersabar terhadap murid-murid mereka yang terkadang mendoakan yang tidak baik, menceloteh dengan serampangan.

Terkadang aku lupa untuk mengucapkan ribuan terima kasih kepada guru-guruku tercinta yang telah memberkan kesempatan pada ku untuk sekolah. Aku janji, saat menjadi sukses nanti, kalianlah yang akan aku ingat selalu. Jika diberikan kesempatan, aku ingin memberikan prestasi lagi untuk sekolah ini. :"(

Kuucapkan ribuan terima kasih kepada guru di SMAN 4 Pandeglang, yang memberikan jalan dan mimpi yang hebat. Teruslah seperti itu, terimalah kami yang tidak mampu dalam hal material tapi kami akan membalasnya dengan prestasi yang emmbanggakan.

25 komentar:

  1. Wah,, terharu aku atas orjuangan kamu mau sekolah.
    Untung kamu bisa sgera bangkit waktu trun peringkat itu..
    Ttap smangat & pertahankan prestasiNy ya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap,begitulah,,kalo ngga bangkit gak bakal sampe kuliah sekarang,,iya ngga??
      hehe:)
      thanks ya...

      Hapus
  2. kayaknya sudah dirombak habis ni templatenya,,berubah jadi keren :D

    beruntung bgt punya guru yang kayak gitu ya, apalagi pak guru smp nya yang mau mengusahakan agar masuk ke sman 4..
    guru memang pahlawan tanda jasa. nggak boleh dilupakan.

    semoga terus berprestasi nasphie !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget fian,,,aku udah rombak nih template jadi berwarna,,kesannya rempong ngga? hehe
      setuju,,tapi sayagnnya dulu aku ngga ngerasa gituh,,bodoh banget ya,,,

      siipp....

      Hapus
  3. mantappp......hidup itu butuh perjuangan nasphie..
    semangat terus ya,,buktikan materi bukan segalanya,,,,:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap,,banyak orang bilang materi seglanya,,emang benar,,,
      tapi masih ada cara untuk mendapatkan kebahagiaan,,dengan usaha keras,, right? :)

      Hapus
  4. aku yakin pasti pak guru tersenyum bahagia melihat muridnya berhasil dan dapat melanjutkan sekolah terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah,,tapi mungkin sekarang belum pak,,:'(

      Hapus
  5. semangat, tetap berprestasi yah..
    Salam blogwalking :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp,,semangat,,,,amin,,
      salam blogwaling juga...:)

      Hapus
  6. wah hebat dong, moga prestasimu itu akan terus berlanjut tuk meraih apa yg kamu cita2kan...amiiin

    BalasHapus
  7. wah,, saya sebagai pensiunan guru jadi rada terhura mbacanya.
    hwehehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah,,iya pak,,,,,guru memang pahlawan tanpa tanda jasa,,,,:)

      Hapus
  8. kaget saya buka blog ini ada backsoundnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe,,lebih kaget kalau saya kasih backsouds bom ya bang....hahahah *tertawa jahat

      Hapus
  9. Wah hampir nangis aku baca cerita ini, jadi tambah semangat untuk bersekolah dan berprestasi kaya mba.

    BalasHapus
  10. bagus nih ceritanya...
    ditunggu yg berikutnya ya...

    BalasHapus
  11. Waaaaah terharuu baca ceritanya :'( semangat teruuus yaaah pantang mundur oookkeeh ({})

    BalasHapus
  12. Mengharukan, seperti di komik-komik ceritanya .. :D

    BalasHapus
  13. waahhhh,, Blog kamu ini sungguh ISTIMEWA.. bisa dong kalo ane mau belajar ngeblog sama ente, soalnya ini artikel kalo kata syahrini mah Sesuatu bingit, kalo kata saya etwas dah apa ajeh pokoke blog ini bagus super super bagus.. Insfirasi banget buat saya.
    Makasih cantik buat postingan blog ini :)

    BalasHapus
  14. Terimakasih untuk infromasi yang sangat bermanfaat ini, semoga dengan adanya infromasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan semua. Terimakasih dan sukses selalu

    BalasHapus
  15. waah hebat kak,ceritanya inspiratif sekali,sukses terus ya kak

    BalasHapus

Budayakan berkomentar setelah membaca ya,,Terima Kasih

 

Nas_phie Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates